Seberapa Penting Organisasi

Seberapa Penting Organisasi

Ketika Acara penyambutan mahasiswa baru pada suatu kampus biasanya akan ada perkenalan dari beberapa UKM di kampus yang bisa digolongkan juga sebagai organisasi selain  organisasi kemahasiswaan seperi BEM atau HMPS.

Organisasi saat ini sangatlah banyak, baik itu organisasi yang berhubungan dengan pemerintah atau tidak (NGO).Organisasi terbentuk karena adanya keinginan atau tujuan yang sama dari beberapa orang yang mengingikan seseatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri atau terhadap banyak orang.

Bagi sebagian ornag organisasi hanya akan membuang-buang waktu tapi bagi sebagian orang juga itu sangat penting karena akan meningkatkan pergaulan dan juga membentuk kerjasama yang baik antara tim dan juga membentuk kepemimpinan.

Organisasi bisa diikuti sejak dalam Sekolah Menengah yaitu dengan ikut OSIS. Sedangkan di bangku perkuliah akan sangat banyak organisasi dalam kampus mulai dari BEM, HMPS dan berbagai organisasi lainya. Diluar kampus juga sangat banyak organisasi seperti Beasiswa 10.000.

Sebenarnya apa manfaatnya mengikuti organisasi? Bagi saya sendiri hal yang paling saya rasakan adalah bagaimana saya berbicara pada orang lain, ketika belum memasuki organisasi saya sedikit tertutup pada hal-hal baru sedangkan sekarang saya mulai terbuka akan hal itu.

Manfaat lainya adalah dalam mencari beasiswa, biasanya dalam CV atau formulir yang akan diisi akan selalu ada bagian untuk organisasi. Selain itu juga akan bermanfaat untuk dunia kerja karena dengan organisasi setidaknya dapat diaimpulkan kalau kamu adalah orang yang bersosialisai.

Menurut saya sendiri bergabung dalam organisasi yang memiliki keberagaman Sumber daya manusianya, baik dalam agama suku, pendidikan, almamater akan meningkatkan jiwa toleransi sesama anggota karena keinginan yang sama untuk tujuan organisasi tersebut, sehingga tidak terlalu memikirkan perbedaan lagi tetapi memikirkan bagaimana mencapai tujuan organisasi tersebut.

Selain itu, dalam organisasi biasanya ada divisi sosial dan organisasi juga sering ikut mencari atau memveri bantua baik itu material atau bantuan fisik ketika ada suatu bencana, ada juga yang akan mencari dana bantuan. Hal ini menurut saya akan bisa meningkatkan jiwa sosial para anggota yang ada dalam suatu organisasi.

Jadi menurut saya organisasi itu perlu tetapi jangan karena organisasi melupakan hal utama yang harus dilakukan, seperti kuliah, belajar karena itu merupakan prioritas utama, tetapi jangan juga ikut dalam kegiatan organisasi hanya untuk sekedar menerima yang namanya sertifikan keanggotaan, karena itu akan sia-sia dan tidak akan mendapat maanfaat besar ikut dalam organisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pekerjaan untuk kamu yang suka menulis

Website untuk mengkompres PDF

Batik