Menyontek

Menyontek 

Siswa sering sekali merasa takut akan nilai yang tidak memuaskan tetapi mereka tidak mencari jalan bagaimana untuk mendapatkan nilai yang bagus, jika ingin mendapat nilai yang bagus dalam ujian kuncinya hanya satu yaitu belajar. 

Mencontek sering dilakukan dengan membuat tulisan-tulisan dalam kertas berupa ringkasan dari buku lalu dibawa saat ujian. 

Saya sering iri kepada teman-teman yang mau melakukan hal itu, saya iri dengan nilai-nilai yang mereka dapat, tapi dalam hati juga bertanya apa mereka puas dengan hal itu? Saya rasa tidak, karena itu bukan itu adalah kecurangan. 

Mereka yang dengan berani melakukan hal itu menimbulkan decak kagum juga, melihat bagaimana mereka bisa membuka kertas-kertas tersebut dan tanpa rasa takut menyalinya. 

Terkadan ada beberapa orang yang akan tertangkap basah oleh pengawas dan mereka akan merasa malu jika teman-teman melihat, hal itu akan membuat beberapa orang sadar dan tidak mau melakukan tetapi ada juga yang akan tetap mengulani seperti tidak tahu malu. 

Ada juga yang akan merasa bangga ketika teman-teman yang lain mengatakn "mantap contekanmu yah, gak ketauan pengawas" atau dengan bangga mengatakan "masuk semua contekanku", apa yang mereka pikirkan ketika mengatakan hal tersebut? Entahlah. 

Dalam pendidikan tidak dapat dipungkiri jika dalam menilau tingkat kepintara seseorang adalah nilai, ketika nilai-nilaimu bagus maka akan dikatakan orang pintar tanpa mengetahui atau mencari tahu bagaimana mendapatkan nilai tersebut. 

Anggapan akan Nilai inilah salah satu yang mendorong budaya mencontek tak akan mereda, bagi mereka yang memiliki kemampuan dalam belajar yang lemah akan mencari cara untuk mendapat nilai salah satunya dengan contekan, meskipun terkadang bukan hanya mereka yang lemah dalam pelajaran yang akan melakukan kehiatan contek tetapi mereka yang pintar juga dengan alasan takut jika ada yang menyaingi. 

Budaya mencoktek hanya bisa kita ubah dari diri sendiri berusaha untuk belajar agar dapat memberikan yang terbaik dan mendapat nilai yang baik tanpa mencontek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pekerjaan untuk kamu yang suka menulis

Website untuk mengkompres PDF

Batik